Cari Blog Ini

Jumat, 12 Maret 2010

TIP MEMBUAT ID-CARD

Pernahkah anda melihat kartu mahasiswa anda , atau kartu ATM anda. Pernahkah terpikir bagaimana cara membuatnya. Saya akan mengupas tentang pembuatan ID-CARD ini yang didapat kita kerjakan dan mungkin bisa sebagai peluang bisnis bagi kita semua.

Secara fisik ID-CARD terlihat suatu barang yang susah diproduksi karena diatas media PVC, tapi ternyata tidak sesusah yang kita pikirkan. Untuk membuat ID-Card yang kita butuhkan peralatan seperti berikut :
  1. Komputer , printer dan aplikasi Label untuk mempermudah membuat format ID-CARD
  2. Mesin Laminatang , Mesin Pon dan Tang Pelubang ID
  3. ID-CARD PVC DIRECT PRINT
Untuk lebih ada gambaran saya lampirkan gambarnya sebagai berikut :

Langkah-langkahnya :

  1. Design lah tampilan ID-CARD yang akan dibuat , biasanya ukuran ID-card adalah : 8,8 cm x 5,5 cm dan terdapat 2 sisi yaitu : informasi depan dan informasi belakang ID-CARD dengan menggunakan Adobe photoshop atau bisa juga dengan yang lainnya. Selesai Design simpanlah hasil design id-card tersebut dalam format *.jpg
  2. Pakailah aplikasi label untuk mengatur tata letak yang diingankan . ( sebagai catatan banyak aplikasi labeler yang ditawarkan , silahkan search di google . Kalau saya lebih suka memakai "SURETHING LABELER" dan diatur posisi page landscape dengan ukuran 3 x 3 artinya 3 baris x 3 kolom sehingga 1 lembar A4 menjadi 9 ID-CARD
  3. Saya tidak akan membahas tentang bagaimana setting dan bagaimana design id-card tersebut , tapi saya akan memberikan rahasia tentang membuat id-card.
  4. ID-Card PVC terdapat 3 lapisan yaitu : 2 lembar Plastik dan 1 lembar PVC.
  5. Nah jangan salah yang diprint itu adalah Plastiknya dan bagian yang diprint adalah bagian yang lebih kasar. Untuk mencetak ubah properties printer pada saat hendak print bagian Layout Paper menjadi "MIRROR" untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
  6. PVC terdapat segelan plastik dikedua sisinya , lepaskan plastik segel tersebut lalu Plastik yang telah kita cetak dibagian yang kasar melekat ke PVC. Ingat Lekatkan bagian atas dan bagian belakang PVC karena pada umumnya ID-Card itu 2 sisi.
  7. Dalam posisi yang telah kita rapikan antara PVC dan Plastik harus kita laminating dengan mesin laminating. Sebagai catatan mesin laminating harus telah siap sesuai suhu sekitar 180 - 200 C dengan indicator lampu hijau menyala.
  8. Pastikan laminating telah berhasil dengan sempurna , perhatikan pada permukaan Plastik ID-CARd terdapat plastik segel yang sangat tipis , buka plastik tersebut maka ID-CARD kita telah siap.
  9. Potonglah ID-CARD yang 3 x 3 tersebut secara horizontal dengan gunting untuk mempermudah kita pon sehingga mendapat bentuk sudut oval seperti gambar berikut ini :
  10. Maka ID-CARD telah siap , untuk gantung dapat kita membuat lubang pada bagian atas dengan Tang Pelubang ID-Card .

Tapi tentu saja kita bertanya " dimana peralatan dan bahan tersebut dapat dibeli ? " nah itu dia... Saya sedikit berpromosi dagangan saya ini :

Untuk mendapat Perlengkapan dan Bahan pembuat ID-CARD tersebut dapat diperoleh di :

  • ARWANA Directindo
  • Plaza Pinangsia lt. 1 No. 10
  • Telp : 021-6258300

atau email ke saya : menwih@yahoo.com

1 komentar:

Hasril mengatakan...

Kenapa id card kena air blur ? apa solusinya ? Tq

Posting Komentar